Toko Coklat – Pesan Coklat deChocola Online
January 4, 2011 – 8:51 am | 5 Comments

Toko coklat kini banyak dijumpai di Jakarta, mulai dari yang menjual coklat dengan harga terjangkau oleh anak-anak sekolah sampai yang berharga diatas seratus ribu rupiah per potong. Mengapa toko coklat menawarkan harga yang  bisa sangat …

Read the full story »
Drinks

minuman coklat Chocola Dee Dee menawarkan berbagai minuman coklat panas dan dingin yang tak terlupakan

Gift

Coklat sangat ideal untuk dijadikan hadiah, gift, dan souvenir untuk berbagai macam kesempatan untuk orang yang Anda sayangi

Healthy Chocolate

Coklat adalah makanan alami yang sangat menyehatkan, karena penuh dengan anti oksidan yang sangat dibutuhkan tubuh

New Product

Chocola Dee & Dee selalu menyajikan kreasi kreasi coklat baru yang sangat inovatif dan lezat rasanya

Pick & Pack

Konsep “pick & pack” memungkinkan Anda mencoba berbagai macam rasa coklat lezat di Chocola by Dee & Dee

Home » Featured

Coklat – Makanan Para Dewa

Submitted by on November 19, 2010 – 1:32 pmNo Comment

Coklat dipercaya oleh suku Aztec sebagai  ‘makanan para dewa’. Coklat mengandung bahan-bahan yang dipercaya dapat mempengaruhi susunan syaraf dalam otak dan juga mengandung suatu zat yang disebut theobromine, yang mirip dengan kafein tapi dalam kadar yang lebih rendah. Theobromine sendiri berasal dari kata theobroma yang berarti ‘theo’ adalah ‘god’ dan ‘brosi’ adalah ‘food’, sehingga theobromine diartikan sebagai ‘food of the gods’.

Coklat mengandung antioksidan (suatu enzyme yang dapat mencegah terbentuknya sel kanker ) yang lebih besar daripada antioksidan yang terdapat dalam red wine.

Coklat juga dipercaya sebagai aphrodisiac food, yaitu makanan penambah gairah, membawa perasaan senang dan gembira pada yang mengkonsumsinya. Rahasianya ada pada kombinasi kedua makanan ini : segelas red wine dan sepotong dark coklat.

Silakan Anda mencoba, segelas Cabernet dan sepotong coklat dark couverture. Nikmati, dan rasakan perpaduan red wine di tenggorokan Anda dengan sensasi coklat yang meleleh di dalam mulut Anda. Kenikmatan dan sensasi kedua makanan itu pasti membawa perasaan Anda melayang dan terbang tinggi.

Sepotong coklat yang ‘so sweet and melted in your mouth’ dapat mencairkan suasana yang dingin menjadi hangat dan sangat ‘friendly’…. Jadi, jangan pernah lupa membawa coklat yang sudah Anda beli ketika Anda berkunjung ke rumah seorang teman atau keluarga, sebab sepotong coklat dapat membawa keakraban dalam setiap pertemuan.

Coklat kini dibuat dalam bentuk yang beraneka-ragam, disesuaikan dengan keinginan manusia untuk terus bereksplorasi dan berekspresi dalam seni kuliner. Dari ‘original chocolates’ yang hanya mengandung cocoa mass, cocoa butter, gula dan susu, sekarang para ahli coklat menambahkan bermacam-macam rasa lain ke dalam adonan coklat, sehingga terciptalah dunia coklat yang tidak terbatas.
Coklat dengan bumbu dapur? Tak pernah diduga bahwa ternyata rasanya disukai orang. Jahe, kayumanis, pekak (star anise), cabai, garam laut, hanya beberapa bumbu dapur yang sudah banyak dipakai para chocolatier di dapur uji mereka.

Bila Anda juga seorang penggemar coklat, tak ada salahnya di waktu senggang Anda mencoba berkreasi dengan coklat couverture yang dijual di toko-toko bahan kue dan mencoba menjadi seorang ‘ahli coklat’ dengan menambahkan rasa yang baru hasil fantasi Anda sendiri. Siapa tau, dengan coklat bikinan Anda itu teman-teman Anda akan semakin merasakan hangatnya persahabatan dengan Anda.
Bagaimana Memilih Coklat Yang Berkualitas?

Ada begitu banyak coklat beredar di pasaran, dari yang harganya murah sampai yang harganya selangit. Apa sebenarnya yang membedakan, sehingga harganya bisa berbeda begitu jauh?

Coklat yang baik harus ‘fresh’, memiliki aroma khas coklat, karena menggunakan biji kakao yang berkualitas tinggi dan ‘real dairy butter’, tidak terlalu manis karena kandungan coklatnya lebih dominan daripada kandungan gula, dan memakai ‘real flavour’ dari bahan-bahan alami.

Kesemua komponen itu menyebabkan harga jual coklat yang baik bisa jauh lebih tinggi daripada coklat berkualitas rendah. Namun harga yang tinggi itu tentu seimbang dengan kenikmatan yang diperoleh pembelinya.  Oleh sebab itu kita perlu bersikap kritis dalam menentukan coklat mana yang akan kita beli atau pakai, karena pilihan yang salah akan menyebabkan kekecewaan di kemudian hari.

Baca Artikel terkait lainnya

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Improve the web with Nofollow Reciprocity.